Buku Panduan Zimbra Terbaik

  • choirrulloh
  • Sep 13, 2018

Siapa sih yang tidak kenal Zimbra, karena sebagian besar perusahaan dan pemerintahan sudah memakainya, tetapi bagi yang belum tau apa sih itu Zimbra?

Zimbra adalah aplikasi email server dan kolaborasi sistem yang handal, komplit dan powerful. Dengan tampilan modern, manajemen berbasis web, kemudahan proses instalasi, kesiapan sebagai server cluster multi server hingga kapabilitas dalam hal scaling sehingga dapat menampung jumlah user yang cukup besar membuat Zimbra menjadi salah satu pilihan terbaik bagi System Administrator yang ingin mengimplementasikan mail server.

Zimbra menyediakan 2 versi, yaitu versi OSE (Open Source Edition) dan NE (Network Edition). Zimbra OSE adalah versi gratis dari Zimbra. Sedangkan Zimbra NE adalah versi License/berbayar. Untuk instalasinya sangat mudah, ada banyak sekali tutorial di Internet bertebaran.

Tetapi tutorial diinternet kebanyakan memakai bahasa inggris, maka dari itu Excellent menyediakan sebuah buku panduan yang sangat lengkap dengan menggunakan bahasa indonesia, buku ini memuat panduan mulai dari awal proses instalasi, konfigurasi sampai dengan manajemen server dan penggunaan disisi email klien.

Tertarik belajar Zimbra? Silakan kunjungi link di bawah ini.

Google Book

Tokopedia

Bukalapak

Buku tersebut sangat bagus dan mudah di mengerti. Cocok sekali bagi yang baru belajar ataupun ingin mempelajari lebih lanjut tentang Zimbra.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.