Instalasi Windows 10 Di Gigabyte Brix

Hari Jum’at Kemarin saya melakukan izin cuti untuk ngoprek gigabyte brix yang saya beli beberapa minggu yang lalu bagi yang belum tahu ceritanya, bisa dibaca melalui link ini

Bermula ketika windows 7 yang sudah ada dibawaan gigabyte brix ini sangat lemot ketika digunakan. Setelah ditelusuri ternyata lemot dikarenakan hardisk yang digunakan kesehatannya hanya 70% dan hardisk bawaannya sangat kecil cuma 80GB.

Akhirnya hardisknya saya ganti dengan hardisk external milik saya yang lumayan cukup besar berkapasitas 500GB, setelah saya ganti dan ketika saya mau install windows 10, pas bagian partisi hardisk menolak, untuk diinstall ada keterangan error

Gambar terkait

Akhirnya saya coba googling, setelah googling sana-sini akhirnya ketemu bahwa hardisk yang saya gunakan partisinya masih MBR, ternyata windows 10 yang menggunakan bios uefi tidak support dengan partisi MBR hanya support partisi GPT.

Akhirnya googling lagi cara merubah partisi MBR ke partisi GPT akhirnya ketemu dengan menggunakan CMD, tetapi cara ini sangat berbahaya karena menghapus seluruh partisi yang ada. Saya coba googling lagi ketemu dengan cara menggunakan software mini tool partition wizard.

Saya mengikuti panduan pada link berikut ini

Setelah selesai di ubah partisinya, instalasi windows 10 berjalan dengan lancar.

Sekian tutorial ini semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.