Cara Membuat Auto Response Chat Di Tokopedia

  • choirrulloh
  • Aug 15, 2019

Baru-baru ini saya belajar berdagang online dan bekerjasama dengan abang saya untuk mendapatkan uang tambahan, disini saya dan abang saya berdagang pupuk tanaman. Dengan menggunakan marketplace ijo atau tokopedia, disini saya mengelola akun tokopedianya dan abang saya yang melakukan packing, balas chat, kirim ke kurir dan input resi.

Nah terkadang ada orang yang melakukan chatting dimalam hari sedangkan saya dan abang saya sudah tidur, dan chat tidak sempat terbalas dan toko online saya performanya menjadi kurang baik karena tidak response ketika ada chat masuk.

Nah solusinya saya menggunakan fitur auto response chat ditokopedia.

 

Apa sih Fitur auto response chat?

Fitur auti response chat merupakan fitur yang dapat digunakan oleh Penjual untuk membalas atau merespon Chat yang masuk dari Pembeli secara otomatis. Balasan atau respon otomatis ini dapat diatur sesuai dengan kalimat yang diinginkan oleh Penjual, maksimal 500 karakter.

Balasan Otomatis dapat digunakan untuk:

  1. Membalas pesan pertama atau pesan baru dari Pembeli. Pesan pertama atau baru yang dimaksud adalah:
    • Pesan pertama dari pembeli yang belum pernah mengirim pesan sebelumnya kepada Penjual.
    • Pesan dari Pembeli yang sudah pernah mengirim pesan sebelumnya setelah selama 7 hari berturut-turut tidak pernah mengirim pesan kembali pada Penjual.
  2. Membalas pesan yang masuk di jam tertentu, misalnya di luar jam operasional atau ketika toko Anda tutup.

Cara Menggunakan Fitur Balasan Otomatis Chat

Saat ini Fitur Balasan Otomatis Chat dapat digunakan dan diaktifkan oleh semua Penjual dengan melakukan pengaturan melalui Desktop. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

A. Mengaktifkan Balasan Otomatis untuk Pesan Pertama atau Pesan Baru

  1. Masuk ke Fitur Chat melalui Kotak Masuk atau Notifikasi.
  2. Masuk ke Pengaturan dengan klik tombol gerigi.
  3. Pilih Auto Response. Geser ke kanan/kiri untuk mengaktifkan/mematikan Fitur Balasan Otomatis saat menerima chat baru.
  4. Jika Anda memilih untuk mengaktifkan Fitur Balasan Otomatis, Anda dapat mengubah template balasan sesuai keinginan Anda.
  5. Klik Preview untuk melihat contoh Balasan Otomatis yang akan diterima Pembeli atau klik Save untuk menyimpan pengaturan.

Selesai sekarang jika ada pesan baru bot akan menjawab, sesuai dengan template yang sudah kita buat.

Terima kasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.