Tips Membuat Usb Installer vSphere Di Mac OS

  • choirrulloh
  • Aug 22, 2019

Kali ini kita akan membahas Tips Membuat Usb Installer vSphere Di OSX, Sebelum kita lanjut kita harus tahu terlebih dahulu apa itu VMWare vSphere Hypervisor?

VMWare vSphere Hypervisor atau ESXi adalah salah satu sistem operasi powerful yang banyak digunakan di data center dan secara de facto merupakan market leader untuk sistem operasi berbasis Virtualization Technology. Meski feature- feature advanced hanya tersedia pada VMWare vSphere dengan lisensi komersil, VMWare juga menyediakan ESXi Hypervisor secara gratis.

Langsung saja tipsnya

  1. Download iso VMware vSphere Hypervisor di sini dan Script usb installernya di sini 
  2. Copykan iso hypervisor ke dalam folder script usb installer, lalu rename nama iso Hypervisor menjadi esxi.iso
  3. Masukkan Flashdisk
  4. Buka Terminal dan masuk ke dalam  folder script usb installer. Lalu jalankan perintah make devices nanti akan muncul seperti ini.

    Perintah diatas untuk memastikan flashdisk kita sudah masuk ke system dengan baik dan melihat partisi mana yang digunakan oleh flashdisk kita, diatas menandakan flashdisk saya ada di partisi ke 3 atau disk 3.
  5. Setelah mengetahui flashdisk kita ada dimana lalu jalankan perintah berikut ini make vmware DISK=3 Karena flashdisk saya ada di partisi ke 3 atau disk ke 3 makan saya memasukkan perintahnya DISK=3. Silahkan disesuaikan dengan keberadaan disk tersebut.
  6. Setelah menjalankan perintah tersebut kalian tunggu sekitar 1-2 menit untuk mencopykan iso tersebut ke flashdisk kita. Prosesnya seperti dibawah ini.
  7. Sekarang flashdisk sudah siap digunakan untuk install vSphere.

Sekian Terima kasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.