Tips Melacak HP Android Yang Hilang

  • choirrulloh
  • Dec 12, 2019

Hari Sabtu kemarin tepatnya tanggal 6 Desember 2019, saya melakukan pembayaran pajak untuk motor saya. Ketika saya sudah selesai melakukan pembayaran pajak, saya mau pulang kerumah pas ditengah perjalanan saya memeriksa kantong celana saya, pas saya cek ternyata tidak ada saya mulai panik. Bukan karena panik HP saya hilang tapi karena banyak data-data yang belum sempat disimpan ke cloud. Akhirnya saya berhenti sejenak dan memutuskan untuk balik ke kantor samsat.
Setelah sampai dikantor samsat saya coba menanyakan ke Satpam apakah ada yang menemukan hp dengan ciri-ciri yang saya sebutkan. Ternyata Satpam bilang tidak ada, lalu saya putuskan pulang ke rumah untuk mencoba tracking dan mengunci hp saya dari akun google.

Setelah dicoba tracking dan mengunci hp, jika di tracking lokasi hp masih ada di lingkungan kantor samsat dan tidak bergerak. Kemungkinan hp saya jatuh pas saya mengeluarkan uang untuk membayar pajak motor.

Lalu saya coba dengan melakukan telpon menggunakan hp abang saya ternyata tidak di angkat, hingga 3 kali. Akhirnya diangkat juga dan yang menemukan bilang bahwa hp saya tertinggal dimeja dan ditemukan oleh petugas samsat.

Lalu saya bergegas naik motor untuk kembali ke kantor samsat. Lalu saya tanyakan petugas samsat akhirnya hp saya bisa kembali ke tangan saya walaupun saya harus pulang pergi.

Diatas adalah sedikit cerita saya, langsung saja ke intinya.

Untuk tracking hp yang hilang wajib akun google nya terhubung dengan hp tersebut dan GPS nya selalu aktif.

Jika sudah siap bisa klik link berikut ini https://myaccount.google.com/intro/security lakukan login dengan email gmail yang terhubung dengan hp android yang hilang. Setelah login nanti scroll ke bawah dan cari Your Device atau Perangkat Anda. Klik Find a lost device atau Temukan perangkat yang hilang


Setelah di klik lalu pilih type hp yang hilang dalam contoh gambar dibawah ini hp saya Asus ZenFone Lite L1 (ZA551KL) / ZenFone Live L1/L2 (ZA550KL) 

Setelah diklik biasanya akan diminta masukkan password akun gmail yang tadi telah login seperti contoh gambar dibawah ini.

Jika sudah memasukkan password lalu Klik Next atau Lanjutkan. Nanti akan tampil seperti dibawah ini. Lalu klik locate atau lokasi untuk melacak keberadaan hp yang hilang.

Setelah di klik Locate atau Lokasi nanti akan muncul maps seperti gambar dibawah ini. Yang menunjukkan titik keberadaan hp yang hilang.

Sekian terima kasih, semoga tips ini bermanfaat bagi teman-teman pembaca.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.