Tips Generate CSR Dan Private Key Menggunakan OpenSSL

  • choirrulloh
  • Jan 19, 2018

Tadi pagi saya disuruh generate CSR oleh salah satu rekan kerja saya untuk klien, Lah kalau biasanya kan pake zmcertmgr ini di suruh menggunakan OpenSSL, lalu saya cari di internet dan ketemulah caranya.

Dalam membuat CSR ini kita harus menentukan berapa kekuatan enkripsi dan algoritma apa yang digunakan. Setelah itu kita mengisikan data mengenai nama domain tempat terpasangnya sertifikat SSL nantinya. Ada yang wajib dan ada yang opsional sehingga bisa dilewati. Sedangkan Private Key berguna untuk membuka enkripsi yang akan digunakan pada komunikasi server dengan website sehingga tidak bisa disadap.

Kalau kamu ingin langsung membuat CSR beserta Private keynya bisa menggunakan perintah seperti dibawah ini,  lalu jalankan dalam terminal atau shell. Pastikan anda telah menginstall OpenSSL pada VPS Linux anda.

 openssl req -new -newkey rsa:2048 -nodes -out choirrulloh.csr -keyout choirrulloh.key -subj "/C=ID/ST=Jawa Barat/L=Bekasi/O=choirrulloh/OU=Admin/CN=choirrulloh.web.id"

Kalau sudah pasti akan muncul prosesnya seperti dibawah ini:

Untuk parameternya akan saya jelaskan dibawah ini:

  • /C adalah Country untuk Negara.
  • /ST adalah State untuk Provinsi atau Negara Bagian.
  • /L adalah Location untuk lokasi atau kota.
  • /O adalah Organization untuk nama organisasi.
  • /OU adalah Organization Unit untuk nama departemen atau divisi yang bertanggung jawab terhadap pembuatan sertifikat SSL.
  • /CN adalah Common Name untuk nama domain yang akan dipasangkan dengan SSL.

Hasilnya ada dua file dengan ekstension .csr dan .key Jika kalian mau beli SSL Sertifikat kalian bisa kasih file .csr nya, jangan dikasih file .key nya ke penjual. file .key ini jangan sampai hilang karena tidak bisa di pulihkan, saya sarankan untuk di backup file .key nya.

Terima kasih, apabila ada yang kurang jelas, silahkan berkomentar di kolom komentar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.