× Informasi Covid-19 di Indonesia  

Pengalaman Buat Sim C Di Bekasi Kota

  • 2 min read
  • May 05, 2018

Beberapa hari yang lalu saya dapat info dari teman smk saya, yang kebetulan abis buat sim di polres kota bekasi, bahwa bikin sim sekarang sudah dipermudah, karena track tes praktik sudah di perbesar.

Dan saya bertanya apa aja persyaratannya.

  1. FC KTP (4 Lembar)
  2. Surat Kesehatan
  3. Uang 155 Ribu

Tadi pagi saya langsung kesana mau mencoba buat sim yang katanya susah, teman main saya pernah bilang mending lu jangan bikin sim sendiri mending nembak, tapi saya tidak mau mendengarkan apa kata mereka karena kalau seperti itu namanya nyerah sebelum bertanding.

Setelah saya sampai disana saya bertanya pada pak polisi, pak kalau mau buat sim baru dimana, lalu dia bilang kamu buat surat kesehatan dulu yang berada disamping polres bekasi, dan ternyata klinik untuk pembuatan surat kesehatan belum dibuka, saya tunggu ternyata saya lihat ada orang yang menaruh FC KTP di atas meja, karena saya belum tahu saya tanya, pak itu buat apa, lalu dia menjawab itu harus biar nanti dipanggil, kalau tidak taruh FC KTP tidak bakal dipanggil, untungnya saya punya FC KTP di dompet jadi biasa taruh FC KTP, setelah tunggu selama 1 jam akhirnya dipanggil juga.

Lalu petugasnya bilang mau bikin SIM apa? saya jawab bikin SIM C baru, setelah itu saya masuk ke dalam untuk pemeriksaan, setelah selesai pemeriksaan saya disuruh bayar cek kesehatan, untuk biaya kesehatannya 25 Ribu.

Dan lalu disuruh ke loket 1 untuk pengambilan formulir, untuk lokasi loket ada di belakang polres bekasi, setelah sampai disana ternyata saya disuruh menyerahkan FC KTP lagi, kebetulan FC KTP saya habis, lalu saya cari tempat FC KTP dahulu, setelah FC KTP lalu saya ambil formulir, untuk biayanya 100 Ribu, setelah ambil formulir saya disuruh beli asuransi dengan harga 30 Ribu, dan saya isi formulir tersebut sesuai contoh yang ada.

Setelah isi formulir saya serahkan ke loket 2, dan saya dikasih nomor antrian untuk pengambilan Foto, setelah pengambilan Foto, langsung diarahkan untuk tes teori dan dijelaskan, untuk tes teori terdiri dari soal survey dan soal logika di jalan, dengan waktu durasi 30 menit dan 30 soal, minimal nilai lulus 21, dan akhirnya saya lulus dengan nilai 23.

Setelah tes teori saya diarahkan untuk tes praktik, untuk tes praktik saya disuruh kasih FC KTP lagi, dan saya mengisi formulir kembali, setelah mengisi formulir saya kembalikan lagi formulirnya untuk pemanggilan tes praktek, dan saya menunggu sambil memperhatikan tracknya biar saya bisa, karena saya baru pertama kali jadi saya harus lihat dahulu gimana sih tesnya, setelah menunggu, giliran saya untuk tes praktik, disana ada 2 pilihan motor, yang dua motor vega R, dan satu motor lagi Revo, untuk praktik, saya menggunakan motor revo, karena saya biasa menggunakan motor revo, jadi pilihan saya jatuh ke revo, ternyata motornya tidak ada yang enak, tetapi alhamdulillah saya lulus tes praktik dengan satu kali mencoba tanpa mengulang, setelah selesai tes praktik saya disuruh tunggu mencetak simnya.

Pesan saya adalah jangan menyerah sebelum mencoba, karena selama itu positive silahkan dikejar.

Berikut quote dari pak kapolda metro jaya

30 thoughts on “Pengalaman Buat Sim C Di Bekasi Kota

  1. Dari sisi perjuangan, ini patut diapresiasi, namun buat pak Kapolda dan pimpinan Polri, prosedur dan mekanisme pembuatan SIM ini mungkin bisa disederhanakan, minimal tidak perlu pindah-pindah dan mondar-mandir antar ruangan/antar gedung. Jika perlu sebagian hal yang tidak mandatory dibuat dalam skema elektronik, seperti model antrian di Imigrasi sehingga waktunya lebih efisien dan efektif

  2. bro,ini benar tidak pakai calo,
    kalau boleh tau pada hari apa membuat SIM nya ?
    tenkyu

  3. Bro klo saya gak bisa motor bebek gimana?? Apakah gak lulus test?
    Bisa pakai motor matic gak bro?

    1. Hallo Weny,

      Kalau belum bisa motor bebek, belajar dulu atuh. Saya kurang tahu kamu bisa lulus tidak.

      Sepertinya tidak bisa pakai motor matic, karena di polres kota bekasi hanya disediakan motor bebek saja dengan merk vega dan revo.

  4. ?? sebenarnya asuransi g wajib kak..
    Pengalaman saya waktu ngaterin suami buat Sim di Daan Mogot, petugas asuransi bilang klo wajib bayar.. tp pas dlm, saya tanya sama pak Polisi, katanya g wajib.

    1. Hi kak Ermanto,

      Saya belum pernah coba kak, mungkin bisa dicoba kak.

      Kalau bisa menggunakan ektp resi bisa beritahu saya kak, agar bisa saya update tulisan blog ini.

    1. Hi kak Feri,

      Untuk Waktu yang di perlukan kurang lebih 3 jam mas, tergantung dari antrian, kebetulan saya waktu itu datang pagi sekitar jam 7, tetapi loket baru dibuka jam 8, selesai jam 10:30.

      1. Mas persyaratan cuma bawa foto copy ktp aj
        Ga ad persyaratan yg lainnya…Soalnya besok saya mau bikin sim..Biar ga bolak balik..Mohon dibls..Thx

  5. Halo mas. Waktu praktek mas pake Gigi berapa ? Krna sya ga biasa pake motor gigi. tapi pernah nyobain sekali. Tlong jawb ya mas.

  6. Halo mas. Wktu praktek mas pake gigi berapa ? Krna sy ga biasa pake motor gigi. Tapi pernah nyobain sih. Tolong jwb ya mas.

  7. Mau nanya bang, surat sehat dokter itu bikin sendiri apa di lokasi bikinnya?

  8. Wah terima kasih informasinya mas bro.. saya baru mau buat sim lagi setelah 10 tahun lalu sim saya mati jd ga pernah naik motor ke jalan raya lagi. Bermanfaat sekali infonya

  9. Om, kalau pakai ektp domisili Jakarta bisa bikin SIM di Bekasi ga?
    Mohon info nya ya om.
    Thanks

    1. Hi pak Yusuf,

      Mohon maaf pak untuk hal itu saya kurang tahu pasti, tapi saya pernah melihat ada tulisan, bahwa ektp bisa digunakan untuk membuat sim dari domisili mana saja.

      Mungkin pak Yusuf bisa coba cek langsung untuk memastikan.

      Jika bisa mohon untuk balas komentar ini. Agar saya bisa menambahkan keterangan di postingan saya ini.

      Terima kasih.

  10. mas terima kasih infonya yak,jadi saya ada gambaran nih bikin sim di bekasi kota
    cuma saya mau tanya kalo ktp beda kota bisa gak yak?

    1. Hi kak Emi,

      Sama-sama kak, untuk ktp beda kota kebetulan saya belum tahu kak.

      Mungkin bisa dicoba kak, jika berhasil nanti bisa berkomentar lagi ke blog ini ya kak, agar bisa saya update ke tulisannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: