Tips Bayar Pajak STNK Bekasi Kota

Kemarin Tanggal 04 November 2018 saya melakukan pembayaran pajak STNK di tepatnya di depan GOR Bekasi atau stadion bekasi.

Saya datang sekitar jam 7 pagi, disana sudah banyak calo-calo yang menunggu untuk menawarkan jasanya, pas saya turun dari motor seorang calo atau tukang parkir langsung menawarkan jasanya, tetapi saya tidak mau karena saya mau belajar mengurus pajak sendiri tidak mau pakai calo, jadi saya langsung bilang. Padahal saya belum pernah mengurus pajak STNK sebelumnya, tetapi saya dengan Pedenya mengatakan , tidak terima kasih saya mau urus sendiri saja.

Saya langsung menuju kedalam samsat dan menanyakan kepada security nya, untuk melakukan pembayaran pajak STNK syaratnya apa saja?

Syarat melakukan pembayaran pajak STNK :

  1. STNK Asli & Foto Copy STNK (2)
  2. KTP Pemilik STNK & Foto Copy KTP Pemilik STNK (2)
  3. KTP Wakil & Foto Copy KTP Wakil STNK (2) (Wajib satu KK)
  4. BPKB & Foto Copy BPKB (2)

Saya tanya, wajib satu KK maksudnya apa? wajib satu KK adalah yang urus pajak harus satu Kartu Keluarga, misalnya urus perpanjangan STNK milik orang tua.

Kebetulan Motor saya atas nama orang tua saya, jadi saya langsung bisa mengurus pajak disini, tetapi karena saya belum Foto copy BPKB jadi saya harus Foto copy terlebih dahulu.

Setelah selesai Foto copy saya balik ke security untuk cek dokumen, setelah dicek securitu menyerahkan saya formulir untuk diisi.

Contoh Formulir:

Source : asalreview.com

Setelah formulir diisi, selanjutnya menyerahkan Formulir dan Dokumen persyaratan, untuk dilakukan pengecekan kembali dan perapihan dokumen, setelah dicek dan dirapihkan, lalu security menyerahkan nomor antrian, dan menunggu panggilan loket, untuk memberikan berkas dokumen dan formulir, setelah menunggu sekitar 10 menit nomor antrian saya di panggil, untuk penyerahan berkas dokumen dan formulir. Habis penyerahan berkas dokumen loket menyuruh saya untuk menunggu panggilan pembayaran pajak.

Saya menunggu sekitar 30 menit lalu dipanggil untuk melakukan pembayaran pajak, setelah melakukan pembayaran saya berkas saya di kembalikan dan STNK saya sudah di stempel, bahwa saya sudah melakukan pembayaran.

Ternyata mudah sekali untuk bayar pajak STNK, tidak susah yang dibayangkan oleh saya, karena kebiasaan orang kampung kalau urus sesuatu seperti ada rasa takut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.