Tracking Email Gmail

Sekarang ini dalam hal surat menyurat, para pengguna gadget lebih sering berkomunikasi, bertukar surat dan informasi menggunakan email, terutama komunikasi luar daerah atau luar kota, bahkan luar negeri, mereka semua bergantung pada email. Karena dengan menggunakan email, pengguna bisa saling bertukar dokumen penting, file, dan masih banyak lagi, biasanya hal – hal penting saja yang dikirimkan melalui email.

Namun, terkadang ada beberapa orang tidak menerima email. Oleh karena itu, para pengirim email harus memberitahukan, kepada penerima email apakah emailnya sudah dibaca atau belum.

Jangan samakan email dengan layanan aplikasi berkirim pesan melalui ponsel seperti WhatsApp, Line, dan lain sebagainya. Layanan berkirim pesan tersebut menyediakan secara otomatis pemberitahuan (notifikasi).

Disini saya akan menjelaskan cara mengetahui email terbaca atau belum terbaca oleh penerimanya.

  1. Download Extension bernama MailTracker hunter atau bisa klik link ini
  2. Setelah download dan menginstallnya, asumsi disini kalian sudah bisa install extension. Silahkan buka gmail kamu, lalu akan muncul tampilan pop up seperti dibawah ini. Klik Activate Mailtracker.
  3. Setelah klik Activate Mailtracker, lalu browser akan otomatis buka tab baru. dan akan muncul tampilan seperti digambar dibawah ini. Klik Sign In With Google dan Pilih akun gmail yang mau dipasangkan MailTracker
  4. Sekarang Kita coba testing kirim email, ketika kita buat pesan baru nanti akan muncul menu baru, seperti gambar dibawah ini.

  5. Untuk mengecek apakah email kita sudah dibaca atau belum pastikan, ceklist nya sudah gambar warna hijau, yang artinya pesan tersebut sudah dibaca. Seperti contoh dibawah ini.

    Pesan diatas menunjukkan bahwa email sudah dibuka 2 kali pada 5 menit yang lalu dan 3 menit yang lalu.

Sekian terima kasih, semoga tutorial ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.