× Informasi Covid-19 di Indonesia  

Tips Mengecek Nomor Rekening Penipu

  • 2 min read
  • Dec 05, 2019

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 29 November 2019, teman saya bertanya bagaimana sih mengecek nomor rekening penipu, kebetulan dia mau transaksi beli barang secara online tanpa melalui media marketplace maupun rekber (rekening bersama).

Lalu saya tanya emang mau beli barang apa?

Dia jawab saya mau beli barang X dengan harga yang lumayan murah.

Kenapa tidak melalui marketplace aja?

Dia jawab lagi barang tersebut tidak ada di marketplace kalaupun ada harganya mahal.

Lalu saya bilang ke dia jangan percaya gitu aja biasanya barang murah tidak menjamin, barang tersebut bagus atau tidak. Kita selalu tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh seller penipu.

Lalu bagaimana dong saya sudah janji dengan penjual barang tersebut akan mentransfer uang untuk membeli barang tersebut.

Jika seperti itu kita bisa coba mengecek nomor rekening tersebut apakah sudah pernah ada laporan sebelumnya bahwa rekening tersebut pernah dipakai oleh seller nakal atau belum.

Kita akan mengecek dengan dua website berbeda. Lalu saya bilang website dibawah ini 90% akurat, karena biasanya orang-orang yang pernah ketipu melakukan submit data ke web tersebut.

  1. https://www.kredibel.co.id/
  2. https://cekrekening.id/

Untuk website nomor 1 adalah website yang dikelola oleh perorangan

Untuk website nomor 2 adalah website resmi yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO)

Untuk mengecek rekening di website https://www.kredibel.co.id/ caranya sangat mudah kita buka websitenya lalu ketikkan nomor rekening di kolom pencarian. Dan klik tombol search atau kaca pembesar Seperti contoh gambar dibawah ini.

Dibawah ini adalah hasilnya diwebsite tersebut terlihat bahwa rekening tersebut telah dilaporkan oleh 16 orang yang artinya ini bisa dipastikan adalah seller nakal atau penipu.

Cukup mudah bukan untuk mencarinya.

Untuk website https://cekrekening.id/ caranya juga sangat mudah tetapi untuk website ini membutuhkan nama bank dan jika saya cek untuk nama-nama bank nya tidak lengkap.

Caranya cukup masukkan nama bank dan nomor rekening seller nakal tersebut ke form yang sudah disediakan seperti contoh dibawah ini.

Setelah nama bank dan nomor rekening diisi lalu klik centang I’m not a robot. Lalu klik tombol button Periksa Rekening.

Dibawah ini adalah hasilnya diwebsite tersebut terlihat bahwa rekening tersebut telah dilaporkan oleh 39 laporan yang artinya ini bisa dipastikan adalah seller nakal atau penipu.

Akhirnya teman saya tidak jadi transaksi, semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari-cari cara mengecek rekening penipu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: