Acara

Pengalaman Mengikuti Training IOT

Minggu lalu tepatnya tanggal 25-27 Oktober 2019, saya mengikuti Training IOT di daerah Jonggol, training tersebut diselenggarakan oleh Yayasan IDN.

Dari bekasi saya berangkat jam 5 Pagi, karena khawatir telat. Saya sampai di jonggol sekitar jam 7 pagi, ternyata Bekasi – Jonggol perjalanan hanya 2 jam dan itupun saya salah jalan karena mengikuti google maps.

Disini ada pengalaman menarik, karena mengikuti google maps saya diarahkan ke jalan perkampungan yang sangat sepi. Setelah saya cek ke google maps ternyata sinyal hp saya hilang hingga google maps tidak terload. Disini saya mulai panik karena jalanan sangat sepi hanya ada orang-orang lewat saja untuk rumah jarang sekali. Akhirnya saya lanjutkan perjalanan dan melihat ada beberapa rumah dan ada orang yang sedang ngobrol, lalu saya bertanya dengan orang yang sedang ngobrol itu. Pak kalau desa Dayeuh Dimana? Lalu bapak-bapak tersebut menjawab. Desa Dayeuh kelewat jauh sekitar 4 KM. Lalu dalam hati saya waduh salah jalan. Akhirnya saya putar arah dan mengikuti perintah orang tersebut.

Setelah mengikuti perintah orang tersebut akhirnya saya menemukan Yayasan IDN tersebut. Dan saya langsung segera masuk gedung yayasan tersebut dan bertanya ke satpam. Apa benar ini tempat training IOT? benar silahkan langsung absen dan kumpulkan KTP. Untuk ruang training ada di dalam, acara belum dimulai. Setelah KTP dikasihkan satpamnya bertanya mau masuk ke dalam gedung atau mau sarapan dahulu. Lalu saya pilih sarapan dahulu karena kebetulan saya berangkat habis sholat subuh dan belum sempat sarapan.

Setelah sarapan saya langsung masuk ke Gedung untuk istirahat sejenak.

Pas jam 10 pagi Acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia training IOT dan dilanjutkan materi, sampai jam 12 siang. ISHOMA, kebetulan saya pesan katering untuk training ini jadi saya dapat makan selama 3 hari disini. Untuk katering 7X makan 70 Ribu. Tetapi saya telat untuk makan siang kali ini, semua lauk dan nasi habis, karena untuk katering ini makannya di kantin pesantren IDN berbarengan dengan santri-santri lalu saya tidak kebagian makan siang. Akhirnya saya makan siang di warung depan.

Lalu acara dimulai kembali dengan materi tentang smarthome, menyalakan lampu led menggunakan hp sampai sore sekitar jam 5 sore, dan dilanjutkan kembali jam 8 malam sampai jam 11 Malam. Dan istirahat tidur. Untuk tidur disediakan ala kadarnya karena memang training hanya 100 Ribu. Jadi tidurnya di ruang training tersebut. Seterusnya seperti ini hingga 2 hari kedepan.

Setelah melewati hari-hari akhirnya training IOT selesai dan berjalan dengan lancar. Saya berharap bisa membagikan ilmu ini kepada orang lain yang ingin mengetahui IOT.

Sekian terima kasih.

 

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: