Tips Install Raspbian Pada Raspberry Pi

  • choirrulloh
  • Feb 27, 2020

Beberapa bulan yang lalu, saya mencoba beli Raspberry Pi 4 dengan versi 4GB Ram. Melalui situs https://www.seeedstudio.com/ dengan harga sekitar sekitar $64 sudah include ongkir, saya memilih beli disitus luar negeri dengan alasan lebih murah dari pada di situs Indonesia.

Sebelum kita masuk ke pembahasan Tips Install Raspbian Pada Raspberry Pi saya akan menjelaskan sedikit tentang Raspberry pi.

Raspberry pi adalah sebuah SBC (Single Board Computer) bisa dikatakan Raspberry Pi ini adalah komputer mini yang bisa diinstall sistem operasi. kelebihan Raspberry Pi ini adalah bisa digunakan sebagai alat macam-macam, contohnya seperti IOT, Keamanan kamera, Machine Learning dan lain-lain. Berikut ini Tips Install Raspbian Pada Raspberry Pi

Persiapan

  1. Siapkan Memory Card micro sd kosongan atau yang sudah di format dengan ukuran 8GB (Minimal)
  2. Download/Unduh Image Raspbian di Situs Official Raspberry PI atau klik disini
  3. Download/Unduh Flasher image, untuk burn image ke micro sd. Untuk Flasher image ada banyak sekali diinternet, tetapi saya biasa menggunakan ini https://www.balena.io/etcher/ karena lebih mudah untuk penggunaanya.

Tips Install Raspbian Pada Raspberry Pi

  1. Masukkan Microsd ke laptop atau pc
  2. Buka Aplikasi Balena Etcher
  3. Klik Select Image lalu open os raspbian yang telah kita download
  4. Lalu tekan “Flash”

  5. Inisiasi proses flashing
  6. Proses flashing berjalan
  7. Validasi flashing
  8. Proses flashing selesai

Jika tidak melakukan perubahan pada pengaturan aplikasi BalenaEtcher, maka secara otomatis kartu SD akan di un-mount atau di eject. Cabut micro sd lalu pasang di Raspberry Pi. Nanti otomatis Raspberry Pi masuk ke desktop seperti tampilan dibawah ini.

One thought on “Tips Install Raspbian Pada Raspberry Pi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.