Traveler

Pengalaman Travelling Ke Kuala Lumpur Part 1

Kali ini saya mau berbagi pengalaman travelling ke kuala lumpur malaysia dan pertama kali saya berkunjung ke luar negeri.

travelling ini saya sudah rencanakan jauh-jauh hari, kenapa saya sudah merencanakan jauh-jauh hari? karena saya mencari tiket promo di salah satu maskapai yaitu air asia, dia selalu mengadakan program free seats atau kursi gratis. untuk mendapatkan free seats kalian bisa cek postingan disini.

Saya berangkat dari rumah jam 6:15 ke terminal kayu ringin (pool bus damri) sampai disini jam 6:30 bus yang mengantarkan saya dari kayu ringin ke bandara soekarno hatta berangkat jam 7:00. Perjalanan dari terminal kayu ringin ke bandara soekarno hatta membutuhkan waktu jam 1 jam 30 menit.

Sampai di bandara saya rada bingung, karena saya baru 2 kali ke bandara, jadi saya harus bertanya-tanya ke petugas dimana pintu masuk untuk melakukan check in maskapai air asia dan imigrasi. setelah dikasih tahu saya langsung lets go. ternyata sebelum ke masuk ke konter check in saya harus melewati scanner barang dahulu untuk memastikan saya tidak membawa barang-barang terlarang. Setelah melewati scanner barang saya langsung ke konter check in ternyata setelah disana mereka bilang jika sudah check in secara online dan sudah print tiket dari rumah tidak usah melakukan check in kembali.

Setelah melewati konter check in saya harus melewati imigrasi terlebih dahulu, untuk imigrasi di bandara soekarno hatta ini yang berjaga perempuan. dia menanyakan mau kemana? lalu saya jawab ke malaysia, mau ngapain di malaysia? saya jawab liburan, lalu dia tanya kembali apakah sudah punya tiket pulang dan hotel? saya jawab sudah ada. lalu dia minta di tunjukkan tiket pulang dan bukti booking hotel. setelah saya tunjukkan dia lalu percaya dan saya mendapatkan stempel di passpor.

Setelah melewati imigrasi saya sudah mulai tenang karena sudah aman. Berhasil melewati imigrasi, tetapi setelah saya berjalan sedikit ternyata ada pemeriksaan customs atau bea cukai. tetapi alhamdulillah saya bisa melewatinya karena saya sudah pernah punya pengalaman, kalau pemeriksaan disini semua yang ada berhubungan dengan logam dilarang masuk ke pintu X-ray, contohnya seperti ikat pinggang, uang logam, dan lain-lain.

Setelah melewati customs saya senang sekali karena sudah bebas dari pengecekan. lalu saya mencari pintu untuk penerbangan air asia dengan kode penerbangan AK 389, tetapi sebelum masuk saya mau istirahat terlebih dahulu di luar untuk meluruskan kaki dan pinggang setelah membawa tas yang cukup berat. Dan juga karena penerbangan saya masih cukup lumayan lama yaitu 1 jam 30 menit lagi. Setelah cukup istirahatnya saya langsung masuk ke dalam untuk menunggu panggilan boarding.

Sekitar 20 menit menunggu akhirnya ada pengumuman untuk penumpang pesawat dengan kode penerbangan AK 389 agar berbaris antri untuk masuk ke pesawat.

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Kuala Lumpur Malaysia membutuhkan waktu 2 jam 10 menit.

Singkat cerita saya sudah sampai d bandara KLIA2, setelah sampai di bandara malaysia saya bingung harus kemana? karena ini pertama kali saya ke luar negeri. Tetapi saya ingat kata-kata teman saya kalau sudah sampai dibandara lu ke imigrasi dahulu untuk melakukan stempel passpor, untuk ke imigrasi lu ikuti aja orang nanti juga lu bakal ketemu imigrasi ternyata benar saya ketemu imigrasi, tetapi saya kembali bingung saya harus masuk yang mana karena wajah orang malaysia dengan indonesia hampir-hampir mirip jadi saya bingung. Tetapi saya melihat ada yang 1 pesawat dengan saya lalu saya ikuti dia dan akhirnya benar saya berada dibarisan khusus paspor asing atau luar.

Ini suasana imigrasi yang begitu padat


Setelah mengantri sekitar 1 jam akhirnya saya sampai di counter imigrasi, disini saya takut, karena biasanya kalau orang yang baru pertama kali ke luar negeri biasanya ditanya macam-macam, tetapi akhirnya saya bersyukur karena cuma ditanya dengan pertanyaan yang sama di imigrasi indonesia.

Setelah melewati imigrasi malaysia saya merasa aman karena sudah bisa keluar dari yang namanya ketakutan. lalu saya keluar bandara dan mencari bus yang menuju KL sentral.

Sekian dahulu untuk cerita pengalaman berikutnya akan saya posting di postingan berikutnya terima kasih.

 

You Might Also Like...

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: